Jumat, 30 September 2011

10 CANDI TERKENAL DI DUNIA






Kuil Pendaki.  (INTERNET)




Kuil Pendaki. (INTERNET)
(Epochtimes.co.id)
1. Kuil Pendaki
Kuil Pendaki, juga dikenal sebagai Taktshang Goemba, salah satu tempat paling suci di Bhutan. Dia dibangun pada 1692, berlokasi menempel dinding tebing di barisan pengunungan Paro dengan ketinggian 3.000 kaki. Menurut legenda, Guru Rinpoche yang dikatakan sebagai Buddha (Sang Sadar) kedua, terbang ke tempat ini dengan mengendarai macan dan bermeditasi ditempat ini.
2. Kuil Naga Putih
Kuil Naga Putih berlokasi di Thailand, merupakan kuil paling unik di dunia. Seluruh bangunan kuil berwarna putih, dan terdapat sejumlah ukiran naga dan berbagai pola indah yang disepuh perak. Jika Anda melihat bangunan ini dari posisi yang tepat, maka akan nampak seluruh kuil memancarkan sinar gaib yang menakjubkan.
3. Candi Prambanan
Candi Prambanan atau disebut juga Candi Rara Jonggrang berlokasi di Yogyakarta, Indonesia, yang dibangun pada abad-9. Di lokasi Candi ini terdapat 8 bangunan utama yang dikelilingi oleh 250 candi kecil.







Kuil Naga Putih (kiri) dan candi Prambanan (kanan).   (INTERNET
4. Kuil Daikin
Berlokasi di Yangon, Myanmar Candi Daikan yang memiliki sejarah 2.500 tahun. Dikatakan setelah dua bersaudara Myanmar mengirimkan beras ke India untuk mengatasi kelaparan di India, mereka pulang membawa delapan helai rambut Buddha Sakyamuni. Kemudian mendirikan kuil ini sebagai tempat penyimpanan rambut Sang Buddha.
5. Kuil Langit
Kuil Langit berlokasi di Beijing, Tiongkok. Dibangun pada 1420 dan juga disebut sebagai Kuil Langit-Bumi. Pada 1530, nama kuil ini diganti dengan Kuil Langit.







Kuil Daikin (kiri) dan Kuil Langit (kanan).  (INTERNET)
6. Kuil Chion
Kuil Chion berlokasi di Kyoto, Jepang, dan dibangun pada tahun 1234. Kuil Chion memiliki lonceng terbesar dan memiliki berat 74 ton. Membutuhkan 17 biksu untuk membunyikannya.







Kuil Chion.  (INTERNET)
7. Candi Borobudur
Candi Borobudur ditemukan pada abad ke-19. Lebih dari 55.000 meter kubik batu digunakan untuk membangun candi ini. Terdapat 2.700 potongan relief dan 504 patung Buddha. Tak seorang pun yang tahu kapan atau mengapa candi ini dibangun dan mengapa diabaikan setelahnya.
8. Kuil Emas
Kuil Emas berlokasi di Punjab, India. Kuil ini dibangun sekitar 1500 Masehi. Dikatakan ada lebih dari satu Buddha yang pernah bermeditasi di sini, termasuk diantaranya pendiri agama Sikh, Guru Nanak. Seluruh bangunan kuil terbuat dari batu pualam dengan bagian atasnya terbuat dari emas, dengan bertahtakan batu mulia yang melambangkan bintang-bintang.







Candi Borobudur (kiri) dan Kuil Emas (kanan).  (INTERNET)
9. Kuil Vishnu
Berlokasi di Tiruchirapalli India, Kuil Vishnu ini merupakan kuil agama Hindu terbesar yang dibangun untuk pemujaan Dewa Utama, Wisnu. Bangunan ini berbentuk segi tujuh, lapisan terluar panjangnya hampir 2,5 mil. Kuil ini juga memiliki 21 buah menara, yang terbesar memiliki ketinggian sekitar 15 lantai.
10. Candi Angkor
Berlokasi di Kambodia, Candi Angkor merupakan candi Hindu yang dibangun pada abad ke-12, namun candi ini secara perlahan berubah menjadi Candi Buddha pada abad ke-15.  (Secret China / ajg)







Kuil Vishnu (kiri) dan Candi Angkor (kanan).  (INTERNET)

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll